Monday, March 21, 2011

[VB.NET] Virus Scanner Sederhana

Banyak yang menannyakan bagaimana caranya membuat anti virus?, sebenarnya ada teknik tersendiri dalam membuat antivirus. Seperti pada proses scanning file, bagaimana kita membuat algoritma dimana ia akan melakulan looping mencari file-file di direktori hingga ke subdirektori terdalam dari setiap direktori yang ditemukan. Huh, memang memusingkan tetapi mari kita melihat dalam teknologi VB.NET. Coba sobat lihat fungsi VB.NET dibawah ini:





FileIO.FileSystem.GetFiles(directory As String, searchType As Microsoft.VisualBasic.FileIO.SearchOption, ParamArray wildcards() As String)

Jika searchType kita isi dengan FileIO.SearchOption.SearchAllSubDirectories maka object hasil dari fungsi tersebut adalah koleksi dari semua file-file yang ada di direktori dan semua subdirektori yang ditemukan berdasarkan kriteria yang ada di parameter array wildcards().
Oke itu modal utama kita, sedangkan dalam mengenali virus, untuk belajar saya menggunakan pengenalan berdasarkan MD5 hash dari file yang di  scan. Jika MD5 hash dari file tersebut sama dengan signature MD5 virus yang ada di database, maka akan terdeteksi sebagai virus. Ini merupakan salah satu kegunaan dari enkripsi MD5 sebagai pengecekan integrasi suatu file seperti yang saya jelaskan dulu di postingan Mengetahui MD5 Dari Suatu File. Oke, download saja sourcce codenya ya... soalnya kalau di postingin source codenya bakal banyak banget. Hehehe. Beginilah screenshotnya:



Crowja-Coderz
Sumber: www.cr0wja.co.cc

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More