Saturday, March 12, 2011

Pernahkah anda bermalas-malasan mengetik sebuah dokumen, naskah atau tugas kuliah? Rasa malas itu sebenarnya muncul bukan karena kita ga bisa mengetik dengan cepat, tapi karena dokumen yang kita ketik adalah hasil ketikan juga, masak dokumen yang sudah diketik, kita ketik lagi hehe. Kalo dulu saat masih bergelut dengan buku-buku dan tugas akademik yang membludak aku cukup menggunakan alat scanner dan software pengenal karakter seperti omnipage, jadi tidak perlu ketik ulang dan cukup di scan saja. Nah bagi yang ga punya scanner dan omnipage sekarang bisa menggunakan hape loh.

Kalau melihat dari judul postingan ini pasti sobat berpikir kita akan mengetik menggunakan hp? Memang 100% ga salah spekulasi anda tapi esensi dari postingan ini kagak ada hubungannya sama aktivitas ketik mengetik, namun hanya memanfaatkan kamera ponsel anda sebagai scanner dan software OCR untuk recognize character. Jadi tidak masalah anda tidak mempunyai PC atau tidak dengan ponsel anda sudah cukup mengerjakan tugas mengetik dengan cepat, tentunya tanpa senam jari hehe.
Apa bisa? Jawabannya bisa, caranya anda harus memiliki ponsel dengan kamera autofokus dan install nokia multi scanner.
multi scanner.jpg
Download aplikasinya disini. Setelah itu jalankan nokia multiscanner dan arahkan kamera ponsel anda pada text dokumen dengan jarak minimal 2 cm, scan dan pilih text recognizer untuk menyalinnya ke clipboard, dari clipboard anda bisa copy paste ke quickoffice dan save as dengan extensi doc, atau docx, lakukan sampai pada text dokumen lainnya dengan cara yang sama. Nah dari sini anda sudah bisa transfer file hasil scan tersebut untuk di edit via PC atau laptop anda. Perlu di ingat bahwa nokia multi scanner hanya bisa jalan pada handphone symbian yang memiliki kamera autofokus dan untuk menghasilkan hasil yang memuaskan text source nya harus jelas, dan kondisi cahaya juga berpengaruh terhadap hasil text recognizernya. Semoga sedikit bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More