Saturday, January 14, 2012

Beasiswa ITB

Beasiswa ITB (dh. Beasiswa ITB Untuk Semua/BIUS) diberikan kepada peserta SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis yang berasal dari keluarga golongan Ekonomi Lemah, pemilik ijazah SMA/SMK/sederajat, tahun 2010 dan 2011. Kriteria kemampuan ekonomi orang tua yang digunakan adalah jumlah penghasilan total dari kedua orang tua calon mahasiswa, kurang dari nilai Upah Minimum Regional (UMR) yang berlaku.
Syarat dan ketentuan yang berlaku bagi para calon peserta SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis yang berminat untuk mengikuti program Beasiswa ITB adalah :
  • Merupakan peserta SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis.
  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat dengan tahun ijazah 2010 dan 2011.
  • Bukan merupakan penerima/pelamar beasiswa BIDIK MISI. Peserta SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis yang berminat untuk memperoleh beasiswa di ITB, harus memilih salah satu program beasiswa yang ditawarkan ITB, yaitu Beasiswa ITB atau Beasiswa BIDIK MISI.
  • Penghasilan kedua orang tua calon penerima beasiswa di bawah atau sama dengan Upah Regional Minimum (UMR) yang berlaku.
  • Memiliki prestasi akademik yang baik.
  • Aktif di kegiatan organisasi dan ekstrakulikuler semasa di SLTA dan sederajat.
  • Memiliki prestasi non-akademik.
  • Kelulusan peserta SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis peminat program Beasiswa ITB hanya ditentukan oleh hasil Ujian Tulis yang diikutinya. Penilaian peserta program Beasiswa ITB dilaksanakan secara nasional dan setara dengan para peserta SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis lainnya.
Pada pelaksanaan Beasiswa ITB, terdapat dua jenis beasiswa yang akan diberikan ITB kepada calon mahasiswa, yaitu:
ITB akan menentukan jenis beasiswa yang akan diterima calon mahasiswa, berdasarkan data ekonomi calon mahasiswa dan rekomendasi tim verifikasi lapangan. Penentuan beasiswa tersebut tidak tergantung pada permohonan calon mahasiswa.
Bagi peserta yang lulus pada pelaksanaan SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis, kategori Beasiswa Biaya Pendidikan, beasiswa yang diberikan ITB mencakup seluruh biaya pendidikan, termasuk biaya BPPM, BPPS, dan biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru, sehingga peserta yang bersangkutan akan dibebani biaya BPPM sebesar Rp. 0,00 (nol rupiah), biaya BPPS sebesar Rp. 0,00 (nol rupiah), dan biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru sebesar Rp. 0,00 (nol rupiah). Khusus bagi peserta Beasiswa Biaya Pendidikan dan Bantuan Biaya Hidup dan lulus ujian SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis, selain biaya pendidikan, ITB juga memberikan bantuan biaya hidup selama peserta yang bersangkutan menempuh pendidikannya di ITB, maksimum selama 8 semester.
Bagi peserta SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis yang berminat untuk mengikuti Beasiswa ITB, diharuskan untuk menyerahkan dokumen-dokumen ke ITB sebagai berikut, pada saat pelaksanaan pendaftaran peserta SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis, tanggal 2 – 24 Mei 2011:
  • Formulir Beasiswa ITB yang telah diisi lengkap
  • Surat Keterangan Penghasilan atas nama masing-masing kedua Orang Tua calon peserta, dilegalisasi oleh RT/RW
  • Keterangan Tidak Mampu atas nama masing-masing kedua Orang Tua calon peserta dari Dinas Sosial Daerah setempat, minimal setingkat Kecamatan
  • Karangan Singkat tentang calon peserta, keluarga, cita-cita, dan kegiatan calon peserta, sesuai format yang telah disediakan ITB
  • Fotokopi Kartu Keluarga Orang Tua calon peserta
  • Fotokopi KTP kedua Orang Tua calon peserta
  • Fotokopi Kartu Identitas calon peserta SNMPTN 2011
  • Fotokopi Kartu Peserta SNMPTN 2011
Kit kelengkapan formulir pendaftaran program Beasiswa ITB dapat diunduh disini. Calon peserta yang berminat untuk mengikuti program Beasiswa ITB tidak perlu menyerahkan Formulir Kesediaan Pembayaran BPPM ITB.
Formulir pendaftaran Beasiswa ITB dan seluruh dokumen persyaratan yang telah diisi lengkap tersebut dapat dikirimkan melalui kantor pos/faksimili/e-mail atau diserahkan sendiri, dan harus sudah diterima ITB, paling lambat tanggal 24 Mei 2011, ke alamat:
Loket Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 1
Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
Telp.: 022-2508519, 022-4254016
Faks.: 022-2508519
Email: usmitb@pusat.itb.ac.id

1 comments:

(SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Blitar dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Blitar dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More