Thursday, March 3, 2011

Tips Sukses UN 2011

UJIAN NASIONAL TINGGAL BEBERAPA BULAN LAGI. Berbagai persiapan telah dikerahkan oleh guru dan khususnya siswa yang menjadi objek utama dalam ujian nasional ini. Menghadapi Ujian selama berbulan-bulan siswa sudah mempersiapkan diri secara teknis dengan belajar, mengikuti Try out, hingga intensif mengerjakan latihan soal. Tapi diluar itu ada juga faktor non Teknis yang perlu dilakukan seperti berdoa beribadah dan berserah diri pada Allah swt. Faktor ini tidak memberikan usaha nyata secara langsung, namun memberikan sumbangsih dari sisi religi yang terkadang tak bisa dinalar oleh akal kita.
Selanjutnya ada faktor non teknis lainnya yang menjadi faktor persiapan kita untuk menghadapi ujian. Usaha-usaha ini dapat kita lakukan untuk menyokong keberhasilan fisik dan mental kita saat menjalani hari-hari Ujian yang penuh dengan pengurasan energi, mental, pikiran dan fisik.
Berikut ini disajikan Tips-tips pendukung menjalani hari-hari ujian yang dikumpulkan dari beberapa sumber kesehatan hingga psikologi.
Tips 1: Jaga Kesehatan


Buah Jeruk sebagai sumber vitamin C
Siapa yang tidak terganggu jika saat menjalani ujian kita sedang sakit. Sakit pilek atau batuk saja, itu mengganggu konsentrasi dan fokus kita saat memeras otak mengerjakan soal ujian. Tips menjaga kesehatan adalah dengan memenuhi Multivitamin dengan konsumsi Vit. C dengan cukup. Contoh multivitamin penjaga kesehatan tubuh yang mudah diperoleh di pasaran dan ringan itu seperti : Vita******, Xon** atau yang lebih agak mahal sedikit namun efektif adalah You C*****.
Inti dari semua itu adalah mengkonsumsi vitamin C 500mg. Supaya memperkuat daya tahan Tubuh…


Tips 2: Relaksasi


Relaksasi Otak, menyeimbangkan ketenangan pikiran dan batin.
Bagian yang paling penting dalam sisi mental dan pikiran, jika selama ini sudah menggenjot sisi logika dan kemampuan dengan keras dan pastinya perlu diimbangi dengan sisi hati… “Ibadah”…? tentu saja tidak perlu ditanya lagi.. wajib dan berdoa..
Tapi selanjutnya bagaimana menggabungkan ketenangan diri dalam pikiran dan hati… 2 hari sebelum UAN… boleh juga lakukan meditasi dan menyendiri untuk melakukan flashback ke hari-hari sebelumnya (boleh diiringi musik terapy. Baca: Sesi selanjutnya mengenai sinkronisasi otak dan penenangan pikiran),.. hari-hari dimana belajar dengan keras,.. Tryout-tryout yang sudah dilakukan.. Segala upaya dan ketercapaian-ketercapaian yang telah di raih… ingat dan rasakan itu semua,.. bahwa sudah banyak amunisi dikumpulkan… kini dengan semua ingatan-ingatan keyakinan itu akan dibawa menuju keyakinan baru bahwa tak ada masalah untuk melewati jembatan 5 hari ke depan…


Tips 3: Makanan


Coklat memiliki kandungan yang bagus dalam kinerja otak.
Ini adalah tips non teknis tapi sangat membantu… Pada hari ujian.. Makanlah jenis sarapan yang lebih cepat dicerna,.. karena saat mengerjakan soal Otak dan energi kita diperas dengan cepat.. Oleh karena itu perlu Nutrisi yang efektif dan cepat dicerna menjadi energi dalam kurun 3 jam ke depan setelah sarapan Pagi…
Saran.. Makan Roti, Minum sedikit susu coklat, atau konsumsi makanan coklat (Baca Inset Tulisan: Kenapa Harus Coklat) dan buah pisang (Buah yang mengandung nutrisi mudah dicerna)..
Bagi para siswa yang kesulitan menyiapkan.. Pilihan minuman Roti dan minuman energi seperti Ener**n rasa coklat+ Buah Pisang adalah komposisi yang bagus…
Okay Good luck… Selama ini sudah berusaha di sisi teknis.. tapi ingat faktor-faktor non teknis seperti makanan dan ketenangan perlu di siapkan juga…
Semoga tips-tips info ini dapat berguna dan mendukung mengantarkan seluruh siswa lulus dalam Ujian Nasional Tahun ini.

Kenapa Harus Coklat
Kita semua pernah mendengar “you are what you eat” atau “Anda adalah apa yang Anda makan”. Makanan yang bergizi dan seimbang tentu saja bagus untuk tubuh kita, terutama untuk bagian yang paling penting dalam tubuh kita, yaitu Otak.
Para ilmuwan telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang ditemukan hanya dalam dua atau tiga sendok makan bubuk coklat itu lebih kuat dari antioksidan yang ditemukan dalam makanan lain, seperti teh hijau atau anggur merah. Antioksidan utama yang ditemukan di kakao, yang dikenal sebagai flavonol, penting untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Jadi, Minuman cokelat panas dalam sehari, selain lezat, coklat sangat bergizi untuk otak.

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More