Monday, March 28, 2011

Konsentrator Sel Surya Murah Berbasis Balon Aluminium


Usaha untuk mempermurah sistem tenaga surya bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu perusahaan yang baru saja muncul CoolEarth mencoba mengurangi jumlah sel surya yang perlu untuk digunakan dengan mengkonsentrasikan cahaya matahari ke sel-sel berefisiensi tinggi. Selama ini ditinjau dari segi efisiensi dan harganya, ada 2 sel surya yakni sel surya yang efisien namun mahal dan sel surya yang relatif lebih murah namun tidak efisien.
Menurut pendekatan umum yang praktis dilakukan di kalangan industri, lebih cenderung mengembangkan sel surya efisiensi rendah (10-15%) yang memiliki harga yang murah. Dengan cara ini dipercaya bisa menekan harga sehingga solar cell bisa digunakan secara luas. Sebenarnya banyak teknologi Solar Cell dengan efisiensi mencapai lebih dari 25% namun terlalu mahal dan sementara ini dianggap hanya bisa digunakan pada skala laboratorium atau aplikasi yang langka seperti untuk mencatu daya satelit tenaga surya.
Sel surya berefisiensi tinggi yang mahal ini sebenarnya masih memiliki potensi untuk digunakan dalam aplikasi nyata. Dengan memusatkan tenaga surya ke satu titik, kita bisa menggunakan sel surya berefisiensi tinggi dalam jumlah yang sedikit sehingga menghemat biaya. Akan tetapi untuk memusatkan tenaga surya, diperlukan cermin pemusat yang harganya cukup mahal. Hal ini membuat perusahaan CoolEarth berusaha membuat cermin pemusat tenaga surya menggunakan balon aluminium.



Prinsip dari konsentrator ini adalah dengan menggunakan cermin cekung dari kertas aluminium foil pada bagian bawah solar cell. Cermin kertas aluminium foil ini memantulkan cahaya matahari dari atas dan memusatkannya ke satu titik. Menurut klaim dari CoolEarth, daya yang dihasilkan dari sistem konsentrator ini bisa mencapai 300x daya yang dihasilkan cell tanpa pemusatan.
Kertas aluminium foil yang digunakan adalah bahan murah yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan seperti burger atau kentang dll. Clear Top Film, yakni lapisan plastik transparan yang berada diatas berguna untuk melindungi sel surya dari berbagai gangguan cuaca. Walaupun sekilas terlihat tidak kokoh, tetapi sistem balon aluminium ini bisa menahan gangguan angin sampai 125 mil/jam.



Menurut Dr.Eric Cumming, pendiri dari CoolEarth menyatakan bahwa inovasi ini mereka lakukan untuk mencari sumber energi bersih yang benar-benar bisa digunakan dalam skala global. Teknologi yang terlalu rumit, atau mengandalkan sumber daya alam yang langka tidak bisa diandalkan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa, dengan berusaha mencari solusi yang sederhana adalah mungkin untuk menyelesaikan masalah energi secara lebih efektif.

Sumber:
http://www.coolearthsolar.com/news/2008-02-14

http://www.treehugger.com/files/2008/02/cool_earth_gets.php

netsains.com

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More