Monday, March 19, 2012

Air pengganti Joystick Untuk Main Game

Masih ingatkah kalian saat bermain game menggunakan Joystick? Sekarang ini penggunaan Joysctick sudah banyak digantikan dengan game yang menggunakan touchscreen atau sekarang ini kalian cukup menggoyang-goyangkan ponsel saja saat bermain game, seperti saat bermain game Asphalt pada iPad? Memang perkembangan dalam dunia game tak akan pernah ada habisnya, pasti ada saja inovasi-inovasi baru dari para penciptanya.

Akhir-akhir ini, cara bermain game yang unik sedang dikembangkan oleh Luc Geurts dan Vero Vanden Abeele dari Fakultas Teknik Leuven, Belgia. Mereka mengembangkan cara bermain game dengan menggunakan semangkuk air, yang disebut dengan Splash Controller. Splash Controller ini terbuat dari mangkuk kayu yang diliputi elektroda pada permukaan dalamnya. Isi mangkuk dengan air untuk melengkapi rangkaian dan aktifkan elektroda, hal ini memungkinkan komputer untuk mendeteksi keberadaan cairan dan akan menfsirkan berbagai gerakan seperti memutar-mutarkan mangkuk atau memercikkan airnya. Dengan hanya 5 volt tidak mungkin kita akan tersetrum listrik. Jadi cukup aman.

Sejauh ini, Geurt baru menciptakan pengenalan pola sederhana untuk game yang digunakan bersama dengan controller, tapi dia bilang sesegera mungkin bisa untuk mengontrol karakter pada layar dengan membolak-balikkan air. Mungkin masa depan bisa saja permainan air pintar yang bisa digunakan untuk mainan anak kecil atau bisa juga game yang dirancang untuk orang yang cacat fisik dengan mengajarkan mereka cara memanipulasi controller.

Memang perkembangan teknologi di dunia ini tak akan bisa dihentikan. Bagaimana komentar anda tentang hal ini?
 
From http://www.notwish.com/2012/03/air-pengganti-joystick-untuk-main-game.html

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More