Wednesday, June 22, 2011

Sehat, Minum Air Putih

Air sepertinya menjadi hal yang terpenting untuk kelangsungan hidup kita. Kita bisa aja bertahan hidup tanpa makan selama berhari-hari, tapi kita nggak bisa bertahan hidup tanpa air. Kabarnya saya dengar sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan.

Peran air sangat besar untuk menjaga kelancaran sistem tubuh. Air menjadi bagian penting dalam pola makan kita yang sehat dan seimbang. Tapi, supaya seimbang, jumlah cairan yang masuk sama yang keluar dari tubuh harus seimbang. Soalnya kalau nggak seimbang, kita bisa kena dehidrasi yang akhirnya pengaruh sama kerja tubuh kita.
Tapi yang saya maksud di sini yaitu air putih yang mineral, bukan minuman lain yang ada soda atau kafein atau yang lainnya. Malah kalau minum sembarangan, selain air putih jika kita minum secara rutin, bisa ngerusak kesehatan tubuh kita. Misalnya aja gula sama kalori yang ada di minuman sembarangan itu bisa bikin gigi kita berlubang, atau juga contoh lainnya minuman yang mengandung kafein, yang dapat memicu pengeluaran kalsium dari tubuh, akibatnya tulang jadi keropos.

Saat kita beraktivitas, tubuh akan mengeluarkan air, untuk menggantikan air tersebut, minimal kita minum 8 gelas air putih sehari. Berikut ada tips yang mungkin berguna bagi Anda supaya sehat dengan minum air putih :

1. Saat bangun tidur minumlah air putih, soalnya saat kita bangun tidur, tubuh membutuhkan cairan yang hilang selama kita tidur.
2. Bawalah tempat minum yang telah Anda isi penuh untuk dibawa kemana-mana setiap saat.
3. Jangan menunggu haus dulu untuk selalu minum air putih, biasakan sebentar-sebentar minum air putih supaya sehat.
Cobalah untuk biasakan minum air putih karena banyak sekali manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari air putih :
1. Membakar lemak
2. Membuat awet muda
3. Menangkal dampak stres
4. Mencegah terjadinya kanker kolon
5. Mengatur suhu tubuh
6. Menghilangkan rasa lelah
7. Meningkatkan daya pikir
Banyak sekali peran dan manfaat dari air putih bagi kesehatan tubuh kita. Sebaiknya Anda mulailah dari sekarang untuk budayakan minum air putih supaya kita sehat. Ingat, keluarga sehat dimulai dari gaya hidup yang sehat. Di dalam jiwa yang sehat, terdapat tubuh yang kuat.
 
Sumber: http://infokawulamuda.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More