Thursday, June 2, 2011

Boneka Horta, Boneka Yamg Memiliki Rambut Yang Dapat Tumbuh

Sobat Dunia Sains, jumpa lagi dalam bahasan Sains. Apa Sih hubungan artikel ini dengan sains? Kayaknya lebih pada hal mistis kalau dilihat dari judulnya. Namun Boneka Horta bukanlah boneka yang memiliki nilai mistis seperti Boneka Okiku yang ada di Jepang. Meski memiliki kesamaan, yaitu memiliki rambut yang bisa tumbuh sendiri. Ko bisa? Tentu saja bisa. Boneka Horta ini merupakan boneka edukasi mulai dikenal sebagai boneka edukasi bagi anak-anak. Boneka horta (horta = hortikultura) adalah suatu media tanam dari serbuk kayu berbentuk boneka yang apabila disiram setiap hari pada bagian atas kepalanya akan ditumbuhi rambut berupa rumput hijau.
Boneka Rumput Horta ini bisa menjadi alternatif mainan baru yang edukatif, kreatif dan imajinatif untuk anak-anak. Anak-anak bisa belajar mengamati pertumbuhan tanaman sambil bermain.
Permainan ini dimulai ketika anak merendam boneka dengan air dan menyiram kepala boneka setiap hari kemudian mengamati pertumbuhan rumput di bagian kepala setiap hari. Sangat mengasyikan.
Setelah rumput tumbuh tinggi, anak-anak dapat memangkas rumput sesuai dengan gaya dan imajinasinya.
Boneka horta dibentuk dari bahan serbuk gergaji, yang dibungkus oleh kain kasa. Didalamnya di masukan pupuk dan bibit rumput. Proses pertumbuhan rumput bisa terjadi pada hari ketiga setelah dilakukan penyiraman setiap hari. Rumput boneka horta bisa bertahan hingga 3 bulan.
Ada beberapa bentuk boneka horta antara lain horta cup, horta panda, horta kura, horta babi, horta sapi, horta kodok, horta kucing, horta gajah, horta monyet, horta macan, horta kuda dan horta boneka etnik. Meski sayangnya saat ini khusus untuk bibit rumput masih diimpor dari Amerika Serikat (AS).
Kisah awal pengembangan produk boneka horta, dimulai sejak tahun 2004 lalu. Boneka ini diperkenalkan oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Produk boneka horta sendiri merupakan hasil kreasi mahasiswa dalam program kreativitas mahasiswa (PKM) di IPB.
Sejak dikembangkan beberapa tahun lalu, permintaan terhadap boneka horta sangat tinggi. Saat ini setidak sebanyak 300-400 boneka terjual per hari dengan harga termurah dari Rp 6.500-30.000 per buah.

2 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More