Tuesday, May 17, 2011

Mencari kunci Gitar/Piano dengan Winamp

Wah… player sejuta umat ini ternyata mempunyai banyak kelebihannya, salah salah satu plug in yang menarik pada winamp ini adalah EasyChords, dengan plugin ini kita bisa mencari kunci gitar/piano pada lagu yang ada diwinamp. Sangat memudahkan untuk bermain gitar apalagi seperti saya yang sudah lama ga main alat musik gitar, sudah tidak tajam lagi feeling untuk mencari2 sendiri kunci dari lagu.
Untuk menggunakannya sangan simple, tapi sebelumnya harus di install dulu plugin EasyChords nya, seperti biasa saya lupa dari mana asal plugin tersebut, jadi untuk mendownloadnya silahkan cari dulu di search engine (google, yahoo, dll) dengan kata kunci EasyChords.
Setelah terinstal maka ada tambahan dialog pada winamp seperti ini:
1
Keterangan:
1. Untuk memulai proses pencarian kunci gitar/piano, selama yang saya ketahui selama proses ini prosesor computer bekerja 100%
2. Untuk mengubah instrument, ada 3 pilihan Guitar, Piano, satu lagi ga tau apaan, sepertinya sih fluid atau apalah
3. Proses bar, yaitu menunjukan progress pencarian kunci
4. Current song, lagu yang sedang berputar/play
5. Lagu yang akan dicari kuncinya, pencarian kunci ini ga perlu lagu juga ikut berputar, bisa juga winamp sedang memutar lagu yang lain dengan lagu yang akan kita cari kuncinya.
Jika proses pencarian kunci selesai, maka ketika kita memutar lagu tersebut, keluarlah kunci (chords) pada dialog EasyChords.
2
Yang harus di perhatikan, pertamax setelah anda menginstal program ini mungkin suara atau volume winamp akan turun sedikit / tidak begitu besar suaranya seperti biasa, hal ini di sebabkan Karena adanya instrument pada EasyChord, yaitu di tunjukan dengan angka 2 pada gambar diatas. Untuk mengatasi hal tersebut maka kita harus mengilangkan instrument, hal ini tidak akan menggangu proses pencarian chord karena pada dasarnya chord itu sama pada gitar, piano dan alat music lainnya. Cara menghilangkan instrument itu dengan cara:
1. Masuk ke preferences winamp, dengan menekan tombol Ctrl + P, atau klik kanan pada winamp -> pilih Options -> Pilih Preferences
2. Pada Preferences di dialog sebelah kiri cari DSP/Effect di bagian plug in di sebelah bawah
3. Pada Dialog kanannya pilih None (sebelumnya adalah Chords! DSP v1.00)
4. Klik close

Perhatikan Volume suara Winamp anda, kembali seperti semula, lebih kenceng suaranya… mantabs gan…
Yang harus diperhatikan, Keduax (belaga kaskus) akan terdapat file chords dalam format notepad 9.txt) pada folder temporary anda jika menggunakan Expi letaknya pada direktori C:\DOCUME~1\NamaUser\LOCALS~1\Temp. jadi jika anda membersihkan direktori Temp dan file tersebut hilang maka hilang juga chords pada winamp atau dengan kata lain EasyChords tidak lagi menemukan file lagi dan tidak bisa mendisplay chords lagu yang telah kita cari kuncinya.
4
Oke, That all…


Sumber: netsains.com

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More