Thursday, May 5, 2011

Berbagi Informasi Ala Rockstar!

Tampilan Rockto.com
Netsains telah menempuh berbagai cara untuk mempopulerkan sains kepada para netizen (orang yang aktif dalam komunitas Internet) di Indonesia, tapi baru kali ini ada website yang memberikan metode berbagi layaknya sebuah Rockstar (bintang musik Rock)! Lebih kerennya lagi, website ini adalah buatan anak Indonesia. Sambil berbagi, kita bisa ikut memperkaya konten Internet dalam negeri.
Social News Website adalah genre yang dimiliki oleh website-website sekelas Digg.com, Reddit.com, dan Lintasberita.com. Yang dimaksud dengan social news website adalah sebuah website yang memberikan wewenang kepada penggunanya untuk mengirimkan berita dalam bentuk tautan (link) dan mereka dapat memberikan voting untuk setiap berita tersebut. Semakin banyak votingnya, maka semakin besar peluang berita tersebut untuk tampil di halaman depan. Dengan prinsip yang mirip seperti ini, Rockto.com menawarkan sesuatu yang baru terhadap netizen di Indonesia.

Apa yang menarik dari Rockto.com?

Rockto.com memberikan kemudahan berbagi kepada penggunanya. Anda dapat memberi tautan untuk artikel di sebuah website, tautan untuk gambar-gambar menarik, dan tautan untuk video-video yang populer. Sebagai contoh, anda dapat berbagi sebuah gambar seperti dibawah ini:
Kolom untuk memasukkan tautan. Terlihat jelas dan mudah digunakan
Rockto.com menggunakan teknologi AJAX (Asynchronous Javascript and XML) untuk setiap interaksi kepada penggunanya. Dengan AJAX , peramban (internet browser) anda tidak perlu untuk memuat ulang seluruh halaman, data diambil dari server dan dimuat ke peramban dengan Javascript di halaman yang sama. Website dengan AJAX merupakan tren untuk website modern. Selain memberikan kenyamanan yang lebih bagi pengguna, dari sisi server relatif lebih ringan karena tidak perlu untuk memuat ulang seluruh data pada setiap halaman. Anda dapat menjumpainya di beberapa website terkenal yaitu Google, Yahoo!, Facebook, Twitter, dan lain-lain.
Ketika memasukkan link dan mengklik tombol tersebut, secara otomatis Rockto.com akan mengambil gambar / berita / video pada tautan tersebut dan memunculkan antarmuka berikut ini:
Prosedur penambahan Feed pada Rockto.com
Yang harus anda lakukan berikutnya adalah menambahkan Judul dan Deskripsi beserta Tag. Sangat mudah dan tampilannya sangat intuitif sehingga pengguna pemula tidak akan mengalami kesulitan yang cukup banyak. Tampilan yang mudah dan fungsional merupakan hal yang sangat jarang diperhatikan oleh sebagian besar website yang ada di Indonesia, termasuk Netsains.com ini, hehehe :) .
Tampilan Feed pada Rockto.com
Seperti itulah caranya menambahkan tautan ke berita, gambar, atau video di Rockto.com. Beberapa artikel dari NetSains juga dimasukkan dengan cara serupa sehingga dapat memberikan paparan yang lebih luas kepada netizen di seluruh Indonesia. Tentunya dengan cara seperti ini tidak lebih hanya 'mengumpulkan' artikel di suatu tempat. Lantas apa jaminannya bahwa artikel ini akan tersebar luas? Apakah Rockto.com dikunjungi oleh banyak orang? Jawabannya adalah dengan fitur "RCK it!" yang mereka kenalkan.
Fitur Rock it adalah sistem voting yang diadopsi oleh Rockto.com. Setiap Rock dari setiap pengguna akan membuat artikel tersebut muncul ke dalam aktifitas pengguna tersebut. Aktifitas setiap pengguna dapat dilihat oleh pengikut-pengikutnya (followers) seperti layaknya Twitter. Sehingga para pengikutnya bisa turut me-Rock-kan artikel tersebut. Tak hanya itu, untuk setiap Rock akan membuat sebuah entri otomatis pada Twitter dan Wall di Facebook. Sehingga paparan artikel tersebut akan jauh lebih luas jangkauan website Rockto.com.

Semakin menarik dengan Store

Rockto.com memiliki fitur Rock yang akan memberikan poin kepada setiap artikel yang dikirim dan siapapun yang me-Rock-kan artikel tersebut. Ada poin maka ada Badge! Siapa yang tidak ketagihan dengan koleksi badge dari Foursquare? Di Indonesia ada banyak anggota dari komunitas Foursquare yang mendedikasikan dirinya sebagai Badge Hunter alias pemburu Badge. Di Rockto.com saya akui setiap Badge benar-benar layak untuk dikumpulkan karena desainnya yang unik dan menarik. Dan tak hanya itu pula, Badge dan poin di Rockto.com dapat dikonversi menjadi beberapa barang di Store mereka!
Sampai artikel ini ditulis, Rockto.com mencantumkan beberapa barang yang sangat menggiurkan untuk diraih :)
Badge dan poin yang dapat ditukarkan dengan item pada Rockto.comMari kita mulai nge-Rock


Sumber: netsains.com 

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More