Thursday, May 5, 2011

Multitasking Sudah Ada Sejak Nenek Moyang Kita

Bisa mengerjakan tugas dari bos, sekaligus main Facebook, chatting, dan browsing? Artinya kita punya kemampuan multitasking, mengerjakan banyak hal sekaligus dalam satu waktu. Rata-rata manusia modern dapat melakukannya. Jangan heran, sebab ternyata kemampuan itu sudah ada sejak zaman batu, tepatnya 70.000 tahun lalu. Ini dibuktikan dengan penemuan sejumlah benda tajam batu di gua Sibudu, dekat pantai samudera Hindia, Afrika Selatan.
Nenek moyang kita sudah mampu memadukan tanaman berperekat dan lemak yang dipanaskan bersamaan dan membuat lem kuat di zamannya, demikian ujar Lyn Wadley beserta dua rekannya dari University of the Witwatersrand di Johannesburg.
Serba Bisa
Lantas, dimana letak bukti kemampuan multitasking mereka? Secara sistematis, menciptakan lem purba dengan teknik Zaman Batu, dibutuhkan pengetahuan adanya bahan perekat alami dari pohon akasia. Bahan ini memiliki komposisi kimiawi beragam dan karakteristik. Untuk bisa menciptakan lem yang efektif, para pembuat lem zaman itu harus bisa menakar resep yang tepat. Di sinilah kemampuan melakukan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu waktu sangat diperlukan.
Pembuat harus melakukan pengoplosan, sekaligus juga mengujicoba apakah bahan itu cukup kuat sebagai perekat, dibarengi juga kemampuan mengetahui komponen mana yang sudah cukup atau perlu ditambahkan lagi. Kemampuan multitasking macam ini ternyata sudah dimiliki oleh nenek moyang kita.
Detil dari temuan ini dipaparkan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Wah, ternyata nenek moyang kita sudah cukup cerdas juga ya, dan kita harus berterima kasih karena mereka mewarisi kita kemampuan multitasking. Sehingga sampai hari ini kita bisa bekerja sambil chatting, Facebook, dan cek email juga.

Sumber: netsains.com

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More