Wednesday, October 13, 2010

Getaran Dapat Meningkatkan Produksi Tanaman

Makhluk hidup melalui organ-organnya menghasilkan getaran dengan beragam frekuensi. Frekuensi yang dapat didengar manusia berkisar dari 20 Hz sampai dengan 20 KHz, disebut dengan getaran suara atau akustik. Getaran yang diinduksi ke makhluk hidup dapat mempengaruhi tingkah laku dan pertumbuhan, baik mempercepat ataupun memperlambat.
Dari hasil pengamatan yang dilakukan petani jahe di Desa Kembang, Kecamatan Ampel, Boyolali, getaran yang diberikan ke perkebunan jahe tersebut dapat meningkatkan hasil panennya. Menurut Prof. Dr. Ir. Hadi K. Purwadaria, getaran yang digunakan merupakan sistem penyuburan melalui daun. Pemberian getaran pada frekuensi tinggi (sonar), akan merangsang stomata untuk tetap terbuka dan akan meningkatkan kecepatan serta efisiensi penyerapan pupuk yang berguna pada proses pertumbuhan.
Perangsangan bukaan stomata daun dengan frekuensi getaran tertentu dapat mempercepat dan melipatgandakan produksi tanaman di perkebunan maupun di pertanian sehingga akan membantu petani untuk menaikkan produksi tanamannya.

Source: Menjelajah Dunia Biologi 3, Platinum

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More