Sunday, June 3, 2012

Orang Lebih Jujur di SMS daripada Berbicara


Apa betul orang lebih jujur di SMS atau pesan tertulis daripada berbicara? Ternyata iya lho. Sebuah studi  yang dilakukan ilmuwanUniversity of Michigan menyatakan bahwa orang cenderung lebih jujur ketika menyampaikan pesan secara tertulis.
Barangkali ini dapat menjelaskan mengapa orang lebih suka berkomunikasi lewat SMS atau pesan tertulis lain, ketimbang berbicara langsung maupun lewat telepon. Sebab dengan menulis pesan, mereka dapat mengemukakan hal secara terus terang, tanpa ada tekanan.
“Orang lebih suka membahas informasi sensitive melalui pesan tertulis daripada komunikasi suara,” jelas  pakar psikologi kognitif Fred Conrad, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian tersebut. Saat mengetikkan pesan, tanpa disadari kita tidak melibatkan rasa bersalah yang ada pada saat kita menyampaikan pesan itu secara lisan.
Para ilmuwan juga menemukan bahwa orang cenderung menjawab secara detil dan jelas pertanyaan melalui pesan tertulis, dibanding secara lisan.  ”Kami yakin, orang memberi jawaban dengan lebih tepat dan detil melalui pesan tertulis sebab tidak ada tekanan sebesar saat mereka menjawab secara lisan,” jelas Conrad.
Mengirim pesan tertulis kini sudah menjadi perilaku respon instan yang cukup mendunia, terlebih lagi pengguna ponsel terus bertambah. Bahkan orang lebih merasa efektif berkomunikasi melalui SMS atau pesan tertulis lain daripada melalui komunikasi suara.
Conrad dan rekannya, Michaerl Schober mengatakan mereka masih butuh penelitian lanjutan untuk dapat memperkuat teori ini. Misalnya saja apa efeknya pada anak-anak yang sudah sejak dini menggunakan ponsel dan ber-SMS.
Hal lain yang disibak dalam studi ini, bahwa orang yang sedang sibuk seperti mendengarkan musik, olahraga, atau bahkan mengonsumsi alkohol, tetap saja bersikap lebih jujur saat menyampaikan pesan tertulis. Wah, kalau begitu, kalau mau  mengorek isi hati seseorang, sebaiknya lewat pesan tertulis saja ya ketimbang komunikasi lisan?

From netsains.net

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More