Saturday, November 5, 2011

Kenapa Maag Tak Kunjung Sembuh?

Tanya:
Selamat Pagi Dokter Muchlis.. Saya menderita sakit maag, sudah hampir 2 bulan. Obat yang saya konsumsi selama 2b ulan ini adalah Polycrol Forte (sirup), Enzyplex, Spasminal, dan Omeprazole. Seharusnya saya sudah sembuh di bulan pertama namun karena kelalaian, seperti makan biskuit rasa kopi, makan es krim rasa tiramisu (ada kopinya juga), dan juga telat makan.
Oleh karenanya, konsumsi obat-obat tersebut khususnya Omeprazole diperpanjang. Melihat hal tersebut, saya diberitahu kalau maag saya ini ada bakterinya yaitu H.pylori, makanya sulit sembuhnya. Yang saya ingin tanyakan adalah:
1. Apakah Omeprazole itu memiliki fungsi untuk mematikan bakteri tersebut?
2. Apakah Spasminal merupakan obat PainKiller untuk perut?
3. Apakah Saya memerlukan tambahan antibiotik untuk menyembuhkan maag ini?
Terima Kasih banyak atas penjelasannya.
Sugiura
Jawab:
Sdr Sugiura,
Sakit maag yang berkepanjangan sebaiknya dievakuasi dengan pemeriksaan Gastroskopi (endoskopi, meneropong lambung secara langsung). Dengan pemeriksaan tsb akan diketahui secara lebih tepat bagaimana jenis sakit lambungnya.  Apakah peradangan, ada lecet atau luka (tukak lambung) atau ada kelainan lain.
Di samping itu akan diketahui pula apakah ada kuman penyebab sakit lambung berkepanjangan (Helilicobacter pylori). Jika ada kuman tsb, maka perlu pengobatan antibiotik yang akan dipilihkan dokter selama satu minggu, ditambah omeprazol. Omeprazol bukan obat untuk membunuh Helicobacter pylori, tapi untuk menekan produksi asam lambung.
Spasminal adalah untuk mengatasi nyeri akibat rasa sakit di daerah pencernaan.
Sebaiknya segera hubungi dokter penyakit dalam terdekat.
Wassalam
dr. H. Muchlis AU Sofro, SpPD KPTI
Konsultan Kesehatan Netsains.com
Internis di RS Dr. Kariadi Semarang
Dosen Senior di Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More