Monday, February 13, 2012

Delapan Tipe Pelajar di Montpellier

Tidak ada satu dunia pelajar akan tetapi berbagai dunia pelajar. Mereka dihadapkan dengan budaya, berbagai faktor penentu kesuksesan yang bervariasi dan selalu berubah. Untuk menggambarkan dan memberikan opini, saya melihat ada delapan tipe pelajar di Montpellier. Mungkin kedelapan tipe ini tidak merangkul keseluruhan akan tetapi mendekati komunitas total yang ada di kota Matahari ini.
Tipe « Work Hard Play Hard »
Mereka adalah tipe pelajar yang menghabiskan waktu dengan belajar. Pulang terlambat pada sore atau malam hari dari Kampus. Sebagian besar pelajar di bidang Hukum, Ekonomi atau Perdagangan, dan Sekolah Tinggi Teknik (Ecole d’Ingénieur). Mereka jarang bermain dan sedikit menikmati kegiatan kulturel (nonton, musik, tari, dsb). Pada umumnya, mereka adalah juara di kelas dan juara di pesta. Waktu adalah kendala bagi mereka. Ketika mereka keluar dan berpesta, tujuan utamanya adalah bersenang-senang, bertukar ide dan menghabiskan waktu bersama teman-teman.
Tipe Soliter Rumahan
Tinggal di luar Montpellier (kota sekitarnya), sendiri, sebagian besar di rumah orang tua mereka. Mereka besar di kota itu atau memiliki jaringan sosial yang sudah nyaman. Mereka bermain kadang-kadang, tapi sedikit menikmati kegiatan kulturel di Montpellier, kecuali sinema. Hiburan favorit mereka adalah festival-festival dan pertandingan antar teman. Mereka terisolasi ketika berada di Montpellier, selama studi.
Tipe Soliter Perantau
Mereka jauh dari keluarga, biasanya para penerima beasiswa, tinggal di Cité-U, tekun dan serius dalam studi mereka. Mereka menghabiskan waktu untuk belajar, kekurangan waktu demikian juga uang. Kehidupan mereka dihabiskan untuk mempersiapkan masa depan profesional mereka. Mereka jarang keluar bermain dan tidak berkeinginan. Biasanya tipe soliter dan sebagian besar lelaki.
Tipe Pengikut
Bermain, berpesta, mereka menyukainya. Entah konser, film, pameran, pertandingan bola, pesta mengapa tidak ! Tawaran begitu banyak dan sulit untuk memilih, bagi mereka. Tipe Pengikut dekat dengan teman mereka. Teman adalah titik kumpul mereka. Kemana mereka pergi, maka dia pasti mengikuti. Tipe ini biasanya dari segala usia, dari semua latar belakang. Kuncinya, keinginan ditemani. Teman adalah segalanya.
Tipe Atlit
Pelajar dari semua latar belakang, kecuali Bidang Sastra dan Seni. Mereka terikat dalam klub olahraga dan banyak keluar. Mereka menghadiri acara-acara olahraga bahkan kompetisi, tetapi juga pelajar malam di klub, restoran dan bioskop. Sebagian besar adalah pelajar di tahun ketiga atau keempat di tingkat S1. Mereka menemukan ritme hidup dan jejaring sosial. Tipe Hipersosialisasi !
Tipe Selancar dalam Layar
Jumlah tipe ini lumayan rendah, jika kita menghitung pelajar Perancis digabung dengan pelajar Internasional. Sebuah minoritas yang memiliki slogan « layar komputer adalah jendela dunia ». Mereka sebagian besar terdaftar di Ecole d’Ingénieur dan pelajar dari bidang Teknik dan Sains. Penggemar video games sebagian besar atau konsumen internet (lebih dari 5 jam per hari). Pilihan keluar dan hiburan mereka adalah sinema. Penyuka konten digital, suka bersosialisasi dunia maya. Layar komputer adalah vektor kebahagiaan mereka.
Tipe Sesekali Tidak Masalah
Sesekali tidak masalah untuk melarikan diri dari aktivitas rutin asal semua kondisi terpenuhi (ujian sukses, tugas selesai). Mereka bisa tidur dikeesokan harinya, jika malam hari harus SKS. Mereka berteman namun tidak banyak sahabat. Terkadang keluar bersama, jika tidak pun tidak masalah, ada banyak hal yang dapat dilakukan di depan layar mereka.
Tipe Kritik Profesional
Biasanya, pelajar dari Bidang Seni namun juga Sains yang bercita-cita menjadi ilmuwan. Sebagian besar menyukai kegiatan kulturel seperti film, musik dan teater dan memberikan opini cerdas atau kritik membangun. Dalam kegiatan sains, mereka punya ide-ide tentang inovasi baru. Mereka pintar memanfaatkan internet dan sumber informasi lain untuk membangun pengetahuan.
Dari kedelapan tipe diatas, saya mungkin termasuk Tipe Sesekali Tidak Masalah beberapa teman mengatakan saya Tipe Kritik Profesional, hahaha. Bagaimana dengan anda ?

From netsains.com

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More