Saturday, January 14, 2012

Mengubah Dunia dengan Lenovo DoNetworkID Program


Jika ditilik, kualitas orang Indonesia sesungguhnya tak kalah dengan bangsa lain.  Terbukti ada begitu banyak prestasi dunia yang kita cetak dalam bisa sains.  Sudah sering kan baca berita tentang pelajar kita yang jadi langganan juara Olimpiade Fisika, Kimia, atau Matematika? Nah, itu bukti dari sisi akademis kita cukup gemilang.

Dari sisi teknologi juga tak kalah.  Sebut saja Onno W Purbo yang cukup dikenal di komunitas teknologi informasi dunia, khususnya penggiat Open Source, dan banyak diundang ke berbagai negara berkat aplikasi rancangannya.  Tidak ketinggalan Satya Witoelar, anak negeri yang membangun layanan sosial media pertama di dunia yang berbasis lokasi, Koprol. Dan masih banyak nama lainnya.



Bisakah kita menjadi seperti mereka, para innovator itu?  Mengapa tidak? Dengan membajirnya arus informasi yang kian deras, didukung aneka fitur teknologi yang mempermudah proses belajar dan membangun jaringan, hidup kita sesungguhnya kian dimudahkan.  Untuk menyerap ilmu pengetahuan, kita tak perlu lagi berkutat di depan kelas berlama-lama.  Cukup klik sana sini di depan layar komputer, dan informasi berdatangan dari segala penjuru dunia.  Masih kurang?  Bergabung dengan jejaring sosial, menemukan orang-orang yang menekuni minat sama, atau bahkan berkomunikasi dengan idola kita bukan hal yang mustahil. Era teknologi informasi membuat kompetisi makin berat, namun juga memancing kreativitas.  Siapa yang paling kreatif dan penuh ide, dia akan unggul di bisangnya.  Teknologi pendukungnya sudah ada di depan mata, yaitu internet beserta semua aplikasinya yang menarik.
Siapa Pun Bisa Jadi Inovator
Intinya, siapa saja sebenarnya bisa menjadi penemu atau inovator. Wow, bagaimana caranya? Ikuti saja apa yang manjadi minatmu selama ini, passion-mu.  Dengan menekuni bidang yang kita suka, otomatis kita akan bersemangat belajar segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang tersebut. Kemudian, analisa sekelilingmu, apa yang menjadi problematika orang-orang di sekitar kita dan belum ada solusinya?  Lalu, cobalah gunakan kreativitasmu untuk mencari solusi dari problem tersebut.  Sudah dapat? Segeralah beraksi untuk mengembangkannya menjadi sebuah inovasi baru.
Masih buntu juga? Bisa ikuti sebuah program yang baru saja dugulirkan, bernama Lenovo DoNetworkID Program. Tak harus sendirian kok, kamu bisa membentu suatu tim untuk mengikuti program ini.  Carilah teman-teman yang seide denganmu, lalu ajukan ide kreatifmu.
Lenovo DoNetworkID Program ini menantang kita semua.  Setiap 90 hari, ada tantangan untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Untuk memulai, fokus temanya adalah Penemuan. Bagaimana caranya menciptakan hari esok yang lebih baik? Dan apa yang bisa kita capai apabila kita bekerja sama? Mari kita lihat apa tantangannya.
Tantangan pertama adalah  mendesain sebuah “classroom in a box” yang bisa dikirim ke daerah terpencil dimana pendidikan berkualitas masih kurang. Tantangan kedua, menciptakan solusi baru untuk menjawab masalah kemacetan. Tantangan ketiga adalah, temukan produk konsumen baru yang dirancang untuk membawa efek positif bagi lingkunganmu. Lalu terakhir adalah tantangan beragam, yaitu untuk memfasilitasi mereka punya ide yang tidak ada dalam kategori tantangan apapun.Oh ya, temuanmu harus didukung dengan teknologi, memiliki hasil akhir yang menakjubkan tetapi bisa dilakukan dalam waktu yang telah ditentukan. Syarat lain adalah temuan tersebut harus mempunyai dampak positif terhadap tantangan tersebut.  Dan tentu saja karena ini kerja tim, maka harus menampilkan/menunjukkan kerjasama antara anggota tim. Hadiahnya cukup menggiurkan lho.  Pemenang dari program ini selain jelas akan dikenal sebagai innovator, juga akan mendapatkan dana sebesar 25.000 dollar Amerika! Dengan dana sebesar itu, kamu bisa lebih banyak mewujudkan ide-ide kreatif, dan bahkan terjun di dunia bisnis.
Menarik bukan? Mulai saja pikirkan ide-idemu, dan bentuk tim yang solid.  Pendaftaran akan dibuka pada  8 Desember 2011 s/d 25 Januari 2012. Pemilihan peserta favorit: dilakukan pada 5 s/d 25 Januari 2012. Pengumuman f inalis pada 26 Januari s/d 29 Februari 2012. Dan pengumuman pemenang pada 1 Maret 2012.
Mentor top yang akan memandu kamu adalah  Budi Putra (konsultan teknologi), Nurdiansyah (peneliti dan pemerhati pendidikan), dan Onno W Purbo (independent IT writer).  Informasi lebih lengkap mengenai program menantang ini bisa diklik di  http://bit.ly/t5zUmm.
Mentor Lenovo Do Network Indonesia Onno Widodo Purbo adalah seorang penulis IT independen yang telah banyak menerima berbagai penghargaan dari instansi internasional, dan telah berperan besar dalam hadirnya internet murah di Indonesia. Beliau menaruh harapan besar pada generasi muda Indonesia yang inovatif.
Mentor Lenovo Do Network Indonesia Nurdiansah adalah seorang peneliti dan pemerhati pendidikan yang telah mengantar banyak siswa-siswi Indonesia meraih prestasi pada kompetisi-kompetisi ilmiah baik skala nasional maupun internasional.
Mentor Lenovo Do Network Indonesia Budi Putra adalah seorang full-time blogger dan konsultan teknologi, mantan country editor Yahoo! Indonesia. Tulisan-tulisannya di CNET dan SlashPhone merupakan bukti nyata dari pengetahuan dan insightnya yang dalam mengenai perkembangan teknologi.***

from netsains.com

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More