Monday, June 11, 2012

Kartu SIM Anti Bully untuk Lindungi Anak-anak


Orang tua tidak akan perlu lagi terlalu khawatir pada anak-anak mereka. Sebab ada kartu SIM yang memungkinkan mereka mengontrol anaknya melalui komputer. Sayangnya layanan ini baru bisa dinikmati di Inggris. Bemilo, nama sistem ini, disediakan oleh jaringan Vodafone, menawarkan layanan bagi orang tua untuk melindungi anak mereka secara online,  baik melalui SMS maupun telepon.  Jika pada jaringan ponsel biasa, anak dapat mematikan ponselnya agar tidak terdeteksi, maka layanan ini sebaliknya. Walau ponsel dimatikan, tetap saja orang tua dapat melacak keberadaan anak.
Paket ini ditawarkan dengan harga 2,95 poundsterling per bulan. Paket keamanan ini sudah ada di dalam kartu SIM, dan akan diinstal ke ponsel anak.
“Ini adalah kartu SIM yang sama dengan yang biasa dipakai, tapi mampu mengetahui keberadaan anaknya untuk keselamatan mereka,” jelas Simon Goff, founder Bemilo. “Orang tua dapat mengontrol siapa saja yang boleh mengontak atau dikontak si anak, dan dapat mengatur waktu komunikasinya.”
Orang tua dapat menonaktifkan ponsel anak selama jam sekolah. Semua dilakukan melalui web di komputer. Bahkan walau ponsel dimatikan oleh anak, orang tua tetap dapat mengontak mereka. Orang tua juga dapat mengetahui isi SMS anak-anak mereka.
Layanan ini dapat melindungi anak dari pelecehan seksual melalui SMS yang sering dilakukan oleh para predator. Para kriminal kerap mengirim SMS atau menelepon anak dengan tujuan mengajak mereka melakukan hal-hal tidak senonoh melalui ponsel. Dan ini sangat mengkawatirkan orang tua.
National Society for the Prevention of Cruelty to Children  (NSPCC) melaporkan bahwa banyak gadis remaja yang mendapat tekanan akibat menerima SMS dan telepon tidak senonoh dari orang tak dikenal. Bahkan para predator juga kerap mangirim link web porno ke anak-anak remaja. Menurut survei yang dilakukan Bemilo pada 2000 orang tua, diketahui bahwa 40% anak usia 8-16 tahun yang menggunakan ponsel menderita kurang tidur akibat stres dibully dengan SMS dan telepon. Semoga saja layanan serupa akan segera hadir di Indonesia.

From netsains.net

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More