Sunday, August 7, 2011

Tips Bagi Pemudik Bersepeda Motor

Kepolisian Republik Indonesia dan instansi pemerintah mengimbau agar pemudik tak bersepeda motor. Walau kenyataannya, bakal sulit melarang masyarakat memanfaatkan sepeda motor untuk mudik, termasuk saat Lebaran tahun ini. Bahkan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menaksir bakal ada kenaikan sekitar 7,4% yakni menjadi sekitar 2,47 juta sepeda motor.
Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika kita memutuskan untuk memakai sepeda motor sebagai kendaraan untuk mudik. Terlebih untuk menempuh jarak ratusan kilometer.










Kepolisian Daerah Metro Jaya menyarankan agar setiap pemudik menyiapkan kondisi tubuh agar tetap bugar ketika bersepeda motor. Selain itu, tentu saja menyiapkan segala perlengkapan berkendara, seperti helm dan jaket. (lihat ilustrasi pertama)
Di sisi lain, para pemudik juga harus memperhatikan kendaraan yang akan dipakai. Harus dipastikan
bahwa motor yang dipakai dalam kondisi prima. Selain mesin yang harus dalam kondisi bagus, beberapa aspek terkait kendaraan harus diperiksa secara teliti, seperti ban dan kondisi rem. (lihat ilustrasi kedua)



Semoga perjalanan mudik ke kampung halaman berjalan lancar, aman, nyaman, dan selamat. Demikian juga ketika menempuh perjalanan balik ke kota tujuan.

Sumber: netsains.com

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More