Wednesday, September 29, 2010

Virus Komputer



Virus komputer adalah progran buatan manusia. bila suatu sistem telah diserang oleh virus, maka lama-kelamaan kerja komputer akan terganggu, apalagi jika virus tersebut ganas, maka komputer akan macet atau tidak berfungsi sama sekali.
Tidak semua program virus dibuat untuk merusak, ada yang dibuat untuk melindungi hasil karyanya agar tidak dibajak. program yang dirancang untuk merusak program lain tetapi tidal menempelkan dirinya tidak dapat disebut sebagai virus, tetapi sebagai Electronic Vandalism. saat ini dikenal lima kelas virus yaitu:
  • worm
  • Virus
  • Trojan
  • Horse (kuda Trojan)
  • Logic Bom ( Bom Waktu)
  • Trapdoor
Perbedaan yang sangat mendasar antara virus dan worm, yaitu walaupun keduanya memiliki sifat mempengaruhikerja komputer, tetapi virus tidak selamanya memiliki sifat merusak. Virus memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri denagan menempelkan dirinya pada program lain, maka jika program pada komputer yang terseraqng virus yang diaktifkan, secara otomatis virus tersebut ikut aktif, sedangkan Worm hanya memperbanyak diri dengan memanfaatkan ruang kososong pada memori komputer. kegiatan memperbanyak diri dilakukan sampai memori penuh dan komputer menjadi macet.
Kuda Troya memiliki teknik intergrasi yang dimiliki virus, tetapi dalam kuda troya disisispkan program yang sangat berbahaya yang dapat menghapuskan dan menghancurkan dokumen di disket atau Hardisk.
Trapdoor suatu titik imput sistem dengan membaypass sistem keamanan. para Hackers umumnya menggunakan cara ini untu membobol komputer yang ingin dimasuki dan jika ingin merusaknya. pembobol ATM bank umumnya juga menggunakan Trapdoor ini.

0 comments:

Post a Comment

Adds

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More